Kamis, 06 Januari 2011

Beralih Jadi UIN, STAIN Jember Minta Dukungan DPRD



Kamis, 06 Januari 2011
Jember  - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember meminta dukungan DPRD untuk beralih status menjadi Universitas Islam Negeri.

Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf menyatakan, perwakilan STAIN sudah menemui dirinya. "Mereka minta rekomendasi dukungan. Mereka mengantarkan surat," katanya.

Sebelum menemui Saptono, perwakilan STAIN Jember telah menemui Penjabat Bupati Teddy Zarkasih. "Mereka bersilaturahmi, menindaklanjuti apa yang disampaikan Ketua DPR RI Marzuki Alie saat berkunjung beberapa waktu lalu," kata Saptono.

DPRD Jember siap memberikan dukungan. Namun Saptono meminta kepada STAIN Jember, agar segera memenuhi syarat-syarat perubahan status itu. Permintaan agar memenuhi syarat-syarat kelayakan perubahan status juga pernah disampaikan Marzuki Alie, saat berkunjung ke STAIN Jember pertengahan Oktober 2010.

Saat itu, Marzuki menyampaikan, agar STAIN Jember menginventarisasi dulu apa yang dimiliki dan apa yang disyaratkan untuk menjadi UIN. "Lihat gap (kesenjangan)-nya," katanya.

Jika ternyata kesenjangan antara apa yang dimiliki STAIN dengan apa yang disyaratkan itu lebar, Marzuki menyarankan, agar pengalihan status itu dilakukan secara bertahap. "Dari STAIN ke IAIN dulu, dari IAIN baru ke UIN," katanya.

Marzuki menyoroti masalah jumlah guru besar di STAIN. "Kalau internalnya tidak cukup, bagaimana mau menjadi UIN. Boleh kita mimpi, boleh kita bercita-cita, tapi tahapannya harus terukur," katanya
(*BJT*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar