Senin, 27 Desember 2010

Guyuran Abu Gunung Bromo Resahkan Paeternak Lumajang


Lumajang,27 desember 2010-Selain disibukan membersihakan rumah karena abu gunung Bromo, warga Kabupaten Lumajang,utamanya warga di kecamatan ranuyoso dan klakah ditambah dengan keresahan abu bromo yang menempel di rumput makanan ternaknya. 
Pasalnya ratusan hektar tanaman rumput ternak milik warga ditutupi abu vulkanik gunung bromo.Akibatnya,peternak mengaku sangt takut memberikan rumput bercampur abu itu pada hewan ternaknya.
Mahad (45 tahun),Salah satu mengatakan,beberapa hewan ternaknya tewas akibat memakan rumput bercampur abu gunung Bromo tersebut,apalagi beredar kabar banyak hewan ternak mati gara-gara makan rumput yang bercampur abu vulkanik.
Untuk menganti makanan rumput ternaknya,para peternak beralih memanfaatkan pelepah kelapa dijadikan makanan ternaknya.Meski pun sejatinya,pelepah kelapa ini tak layak dimakan ternaknya. 
Peternak sapi akan memanfaatkan rumputnya,jika abu yang menempel pada rumput miliknya telah bersih diguyur hujan.Namun sayangnya hujan yang tunggu-tunggu tak kunjung turun. 
(AA-JTV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar